Semarak HUT RI ke-74, PKS Jakarta Gelar Pameran Kartun Bertema ‘Merdekartun’

Jakarta (26/8) – Setelah sukses menggelar kegiatan pameran kartun bertemakan “Merdekartun” di Kantor DPP PKS di TB Simatupang, Jakarta Selatan, pada pekan lalu, kini acara yang sama digelar di Kantor Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS DKI Jakarta, Ahad 25 Agustus 2019, Jalan Letjen Suprapto 17, Cempaka Baru, Kemayoran, Jakarta Pusat

Menurut Ketua Bidang Seni dan Budaya DPW PKS DKI Jakarta Nur Arif Hidayat, pameran kartun bertema “Merdekartun” ini juga akan berlangsung di kantor DPD PKS di lima wilayah kota di DKI Jakarta.

Lebih lanjut, Nur Arif akrab disapa, acara ini selain terbuka untuk masyarakat umum dan gratis, juga sebagai bentuk menyemarakkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 tahun.

“Media kartun ini adalah media seni budaya kreatif, yang memiliki sifat menghibur dan juga merupakan ekspresi sang kartunis dalam menyampaikan kritik dengan jenaka tanpa menyakiti,” kata Nur Arif.

Sebelumnya, masih menurut Nur Arif, acara ini sudah digelar di kantor-kantor PKS di 2 wilayah, yaitu di kantor PKS Jakarta Selatan pada 18-22 Agustus 2019. Agenda selanjutnya di PKS Jakarta Barat pada 23-24 Agustus dan pada 25 Agustus 2019 di kantor DPW PKS DKI Jakarta bersamaan dengan PKS Jakarta Pusat.

Dua wilayah lainnya, direncanakan dilaksanakan di kantor PKS Jakarta Utara pada 26-28 Agustus. Lalu PKS Jakarta Timur juga akan melaksanakan tepatnya di kantor PKS Pasar Rebo pada 29-30 Agustus.

“Ini adalah salah satu cara mengapresiasi karya kreatif Kartunis, dan bentuk dari kepedulian PKS terhadap kegiatan Seni dan Budaya di Jakarta,” sambung Nur Arif.

Hasil karya yang dipamerkan pada agenda Merdekartun ini merupakan hasil karya dari kartunis, NasSirun PurwOkartun, Ipotsky, Om Squ dan Seto Buje. Dan dalam kegiatan di kantor DPW PKS DKI Jakarta ini, akan dihadiri langsung salah satu kartunisnya, Ipotsky.

“Acara yang dimulai siang hari ini, dihadiri juga Anggota DPRD DKI Jakarta terpilih, Ketua Umum DPW PKS DKI Jakarta Sakhir Purnomo, pembacaan sajak kartun, dan aksi flash mob di depan kantor DPW PKS DKI Jakarta,” demikian Nur Arif mengakhiri.