PKS: Pengendalian Wabah Akan Dorong Ekonomi Jakarta

0
22

Jakarta – Pertumbuhan ekonomi di Jakarta mengalami perlambatan sejak akhir tahun 2019. Adanya penyebaran virus covid-19 selama enam bulan terakhir memperparah keadaan ekonomi di Jakarta. Perekonomian Jakarta mengalami penurunan cukup dalam sebesar 8,22%. Faktor utama penyebab penurunan tersebut menurut Sekretaris Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Achmad Yani lebih disebabkan oleh pengaruh wabah Covid-19.

 

Achmad Yani mengungkapkan kondisi ekonomi Jakarta akan terus menurun selama wabah covid-19 belum bisa terkendali. Bukan hanya wilayah Jakarta namun juga wilayah penyangga di wilayah Bogor, Tangerang dan Bekasi (Botabek).

 

“Oleh karena itu penting melakukan koordinasi terkait pengendalian wabah covid-19 dengan wilayah penyangga agar lebih mudah melakukan testing, tracing dan treatment terkait wabah tersebut,” kata pria yang juga Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta bidang Perekonomian di Jakarta, Kamis (13/8/2020).

 

Masih menurut Yani, jika wabah Covid-19 terkendali dan dapat ditekan jumlah penyebarannya maka hal ini akan mampu mendorong investor dalam melakukan kegiatan investasi di Jakarta.

 

“Hal ini akan mampu mendorong kalangan industri dan juga para pekerja untuk melakukan kegiatan produksi secara optimal sehingga ekonomi Jakarta mampu melakukan rebound dengan cepat,” harap Yani.

 

Namun, Yani mengingatkan syarat pertumbuhan ekonomi Jakarta harus diawali dengan keberhasilan pemerintah provinsi DKI Jakarta dalam menekan penyebaran virus Covid-19, ekonomi Jakarta akan cepat mengalami rebound dengan syarat angka penyebaran Covid-19 berhasil ditekan secara signifikan.

 

Jakarta sekarang, masih tertinggal dari ibukota negara lain di wilayah regional dalam hal pengendalian virus Covid-19. Hal ini karena negara tetangga melakukan pengendalian wabah secara ketat untuk menekan penyebaran wabah Covid-19 sedangkan Indonesia dan khususnya Jakarta melakukan relaksasi yang mengakibatkan meningkatnya jumlah angka penularan covid-19 meningkat signifikan.

 

“Inilah salah satu penyebab ekonomi Jakarta mengalami koreksi cukup dalam,” Jelas Politisi PKS dari daerah pemilihan Jakarta Selatan VIII.

 

Selain itu, Achmad Yani juga menegaskan selama Jakarta belum bisa menekan penyebaran wabah covid-19 maka ekonomi jakarta akan terus terkoreksi sehingga dirinya menyarankan Gubernur Anies bisa segera mengambil kebijakan strategis dalam menekan penyebaran virus Covid-19 termasuk peningkatan sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan dan juga pengendalian mobilitas warga yang lebih ketat.

 

“Awalnya akan terasa berat, baik bagi warga maupun pemerintah, namun hal ini nantinya akan mampu mengakselerasi pertumbuhan ekonomi ke depannya. Menurut saya Gubernur harus berani mengambil langkah strategis,” pungkas Yani.