PKS Minta Anies Berikan BLT Bagi Pasien Positif Covid-19

0
18

Jakarta – Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta, Abdul Aziz meminta Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk memberikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada pasien positif Covid-19. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mengisolasi semua pasien covid-19 dengan atau tanpa gejala di Wisma Atlet, Rumah Sakit rujukan atau tempat penampungan lainnya.

 

“Baiknya insentifnya seperti BLT, atas pertimbangan tersebut saya kira perlu pemerintah memberikan dana bantuan bagi yang positif agar tetap dirumah. Sekaligus hal ini akan memperkecil penolakan warga untuk dites,” ujar Abdul Aziz, di Jakarta, Kamis (3/9/2020).

 

Politisi PKS ini mengatakan perlu ketegasan pemerintah dalam penerapan PSBB transisi, baik kampanye 3M atau menjalankan 3T. Dia meyakini, bantuan tunai semacam BLT akan akan mendorong kesiapan masyarakat melakukan test kesehatan covid-19.

 

“Saya kira yang lebih penting adalah sosialisasi disiplin diri, pengawasan, tindakan tegas dan adanya insentif dari pemerintah untuk yang terbukti positif, karena banyak yang sudah positif terpaksa harus beraktifitas karena tidak punya penghasilan jika berhenti beraktifitas,” katanya.

 

Disinggung soal sumber dana bantuan tesebut, Aziz mengatakan bisa minta bantuan Pemerintah Pusat. “Saya kira anggaran bisa minta bantuan Pusat,” lanjutnya.

 

Namun demikian, dia menilai wacana isolasi ditempat penampungan bisa saja dilakukan dengan pengecualian serta setelah melalui kajian secara matang untuk menyiapkan tempat relokasi tersebut.

 

Diantara pengecualian tersebut adalah jika lingkungan pasien positif berada dikawasan padat penduduk atau rumah pasien dianggap tidak layak dijadikan tempat isolasi mandiri.

 

“Kecuali jika orang tersebut tinggal di kawasan yang sangat padat sehingga tidak mungkin bisa isolasi di rumah, mungkin bisa diterapkan seperti itu. Memang harus dilihat sikon juga karena bisa jadi rumah yang bersangkutan memang tidak layak dan harus direlokasi ke penampungan. Tapi harus dikaji juga tempat penampungannya karena akan banyak sekali yang masuk dalam penampungan tersebut,” tutupnya.

 

 

Sumber: harianumum.com