PKS Akan Jatuhkan Sanksi Bagi Anggota Dewannya Jika Terbukti Menerima Gratifikasi Reklamasi Teluk Jakarta

JAKARTA – PKS akan memberikan sanksi kepada anggota dewannya jika terbukti menerima gratifikasi reklamasi teluk Jakarta. Demikian disampaikan Ketum DPW PKS DKI Jakarta Syakir Purnomo di Jakarta, Kamis (7/4).

Ia mengatakan PKS akan selalu berbaik sangka dan mengedepankan asas praduga tak bersalah. Jika anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PKS diduga menerima gratifikasi, yang bersangkutan akan dipanggil untuk diklarifikasi.

“Jika hasil klarifikasi menunjukkan yang bersangkutan benar-benar menerima gratifikasi dan keputusan pengadilan sudah berkekuatan hukum tetap, maka PKS akan menjatuhkan sanksi,” kata Syakir.

Pejabat publik dari PKS yang diduga menerima gratifikasi atau melakukan pelanggaran lainnya akan dipanggil oleh Dewan Syariah. Jika yang bersangkutan diduga melakukan pelanggaran organisasi, maka akan ditangani Badan Penegak Disiplin Organisasi (BPDO).

Bentuk sanksi beragam, dari mulai sanksi ringan sampai dengan sanksi berat berupa dikeluarkan dari seluruh jenjang keanggotaan Partai. Sedangkan sanksi hukum dari pengadilan merujuk pada ketetapan undang-undang yang berlaku.