Gubernur Anies Resmikan 10 GOR, Venue BMX, dan Baseball Bertaraf Internasional

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyelesaikan pekerjaan revitalisasi gelanggang olahraga dan pembangunan sejumlah venue untuk gelaran akbar Asian Games ke-18. Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan secara simbolis meresmikan 10 (sepuluh) Gelanggang Olahraga (GOR) dan 2 (dua) venue Asian Games bertaraf internasional, yakni Jakarta International BMX Track (JIBT) dan Jakarta International Baseball Arena (JIBA) dengan penandatangan 12 Prasasti di venue JIBA, Rawamangun, Jakarta Timur, pada Senin (13/8).

“Alhamdulillah pagi ini kita menjadi saksi dan fasilitas-fasilitas yang luar biasa ini kelas dunia. Terbukti, kita bisa dan kita kerjakan dengan tuntas. Ini kelas dunia, lapangan baseball ini yang ada di depan kita, salah satu lapangan baseball terbaik. Kemudian lapangan BMX ini digarap oleh seorang yang (profesional) dalam dunia olahraga BMX, Tom Ridge (pembuat Track BMX terbaik di dunia), yang juga sudah disertifikasi oleh Union Cyclist International (UCI) dengan sertifikat kualifikasi tertinggi, klasifikasi kelas 1. Kita berharap ini semua bisa dimanfaatkan,” ujar Gubernur Anies.

Lebih lanjut Gubernur Anies menyampaikan keberadaan fasilitas terbaik ini, diharapkan memacu peningkatan prestasi colahraga semakin baik serta dapat mendulang Medali Emas di ajang Asian Games 2018, juga di ajang olahraga nasional dan internasional lainnya. “Fasilitas yang baik itu dibanggakan dengan munculnya atlet-atlet hebat dari tempat ini. Kita jadikan Jakarta tempat di mana fasilitas olahraga dikelola dengan prinsip Meritokratik, siapa saja bisa pakai dan menggunakan, itu artinya pemerintah yang memfasilitasi. Indonesia (dan Jakarta) punya bibit yang luar bisa, fasilitas ini  kita berikan dan kesempatan yang sama untuk semua,” pungkas Gubernur Anies.

Untuk diketahui, Pembangunan dan revitalisasi dimulai tahun 2017 sampai Juli 2018 dengan rincian sebagai berikut :
– Rehabilitasi 10 GOR   : Nov 2017 – Maret 2018
– Pembangunan JIBT    : Jan 2018 – Juli 2018
– Pembangunan JIBA    : April 2018 – Juli 2018

Fasilitas olahraga yang menjadi tanggung jawab Pemprov DKI Jakarta untuk dilakukan pembangunan dan revitalisasi dan diresmikan secara simbolis hari ini adalah:
– Pembangunan Jakarta International BMX Track di Pulomas
– Pembangunan Jakarta International Baseball Area di Rawamangun
– Revitalisasi Gelanggang Olahraga Remaja Kota Administrasi Jakarta Pusat
– Revitalisasi Gelanggang Olahraga Remaja Kota Administrasi Jakarta Utara
– Revitalisasi Gelanggang Olahraga Remaja Kota Administrasi Jakarta Barat
– Revitalisasi Gelanggang Olahraga Remaja Kota Administrasi Jakarta Selatan
– Revitalisasi Gelanggang Olahraga Remaja Kota Administrasi Jakarta Timur
– Revitalisasi Pusat Pelatihan Olahraga Pelajar Ragunan
– Revitalisasi Gelanggang Olahraga Remaja Kecamatan Pulo Gadung
– Revitalisasi Gelanggang Olahraga Remaja Kecamatan Tanjung Priok
– Revitalisasi Gelanggang Olahraga Remaja Kecamatan Cempaka Putih
– Revitalisasi Gelanggang Olahraga Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro Kuningan

Fasilitas tersebut digunakan untuk venue kompetisi/pertandingan dan venue latihan/training Asian Games 2018. Fasilitas yang digunakan untuk kompetisi adalah BMX, Baseball dan GOR Bulungan, sedangkan untuk fasilitas yang lainnya digunakan untuk training atlet voli dan basket. Pekerjaan pembangunan dan revitalisasi ini merupakan hasil sinergi antara Pemprov DKI Jakarta dengan PT. Sinar Mas yang menggunakan skema kerja sama pembangunan yang melibatkan pihak swasta – Public Privat Patnership (PPP). Sedangkan biaya yang digunakan adalah dana kompensasi pelampauan KLB PT. Sinar Mas dengan rincian sebagai berikut:
– Rehabilitasi 10 GOR : Rp. 35.832.104.671 (35,8 miliar rupiah)
– Pembangunan JIBT : Rp. 27.056.578.000 (27 miliar rupiah)
– Pembangunan JIBA : Rp. 39.362.462.328 (39,3 miliar rupiah)

Selain peresmian 10 GOR, venue BMX, dan Baseball, venue lain yang sudah diresmikan terlebih dahulu adalah venue pacuan kuda (Jakarta Internasional Equestrian Park) pada 2 agustus lalu. Lalu, peresmian venue balap sepeda (Jakarta Internasional Velodrome) akan dilakukan pada Rabu, 15 Agustus 2018.

 

Sumber : http://ppid.jakarta.go.id/view-pers/361-SP-HMS-08-2018