FPKB Harap Tiga Cawagub DKI Dapat Kawal Aspirasi Masyarakat dan Berkomunikasi dengan Dewan

Jakarta (29/1) — Tiga Calon Wakil Gubernur (Cawagub) dan Fraksi Parta Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD DKI Jakarta bersilaturahmi ke Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Ketua Fraksi PKB DPRD DKI Jakarta Darussalam mengapresiasi pertemuan dengan tiga cawagub pengganti Sandiaga Uno, yakni mantan Wakil Walikota Bekasi Ahmad Syaikhu, Sekretaris Umum DPW PKS DKI Jakarta Agung Yulianto dan Ketua Fraksi PKS DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi.

Menurutnya, melalui pertemuan ini dapat menjembatani kebuntuan yang selama ini terjadi. Salah satu topik yang diangkat yakni mengenai sisa hasil perhitungan anggaran (SiLPA) Pemprov DKI Jakarta APBD 2018 yang tercatat sebesar Rp12,1 triliun.

“Saya berharap melalui komunikasi ini, bagaimana kebuntuan-kebuntuan yang terjadi sehingga dapat kita diskusikan. Salah satunya adalah SiLPA yang sangat besar ini membuat kerugian sebetulnya,” kata Achmad Yani di DPRD  DKI, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (29/1)

Darussalam menuturkan, selama bisa mengawal aspirasi masyarakat dan berkomunikasi dengan anggota dewan, Fraksi PKB tidak mempermasalahkan ketiga cawagub.

Bahkan, dia menilai ketiga cawagub memiliki kapasitas dan pengalaman yang cukup baik. Ketiganya dianggap memiliki pemahaman politik yang baik dan cocok untuk menjadi wagub pengganti Sandiaga Uno.

“Misalnya Pak Agung, beliau pengusaha yang hari ini masih dalam kepengurusan sekretaris wilayah yang itu menjadi bagian pemahaman dari sisi politik juga paham. Pak Syaikhu juga kaitan dengan mantan Walikota yang pengalaman dengan birokratnya itu. Pak Suhaimi yang juga anggota dewan. Tinggal bagaimana kemampuan-kemampuan mereka ini diseleksi dari tiga menjadi dua nama, lalu jadi satu,” jelasnya.

Diketahui, Fraksi PKS telah menjalin silaturahmi dengan tujuh fraksi yang ada di DPRD DKI Jakarta. Di antaranya Fraksi Demokrat-PAN, PDIP, Partai Pesatuan Pembangunan (PPP), Partai Golkar, Nasional Demokrat (Nasdem) dan terakhir, PKB.

Diharapkan, melalui kunjungan ke fraksi-fraksi ini dapat membina kesepahaman bersama mengenai proses pemilihan wakil gubernur DKI Jakarta di rapat paripurna mendatang. Agar warga Jakarta segera memiliki wagub untuk menunjang kinerja Gubernur Anies Baswedan.