DPRD DKI Ingin Ondel-ondel Dapat Pembinaan Supaya Tak Ngamen di Jalan Lagi

Jakarta – Ketua Fraksi PKS DPRD Provinsi DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi mengungkapkan keinginannya terhadap nasib ondel-ondel yang ngamen di jalan-jalan. Alasan itu bukan tanpa sebab karena sebagaimana diketahui bahwa ondel-ondel adalah ikon dari Jakarta.

“Jadi pembinaaan yang kita harapakan jadi kereasinya tetap dijaga kemudian peluang-peluangnya mereka tetap dikasih, mereka mesti dibina sehingga menjadi ondel-ondel yang mejadi ikon DKI itu menjadi terarah,” ungkap Suhaimi, Jumat (14/12/2018).

Suhaimi menjelaskan, ondel-ondel bukan saja harus ditertibkan tapi harus mendapat pembinaan sehingga tetap bisa dilestarikan namun tidak dijadikan alat ngamen seperti saat ini. Bahkan DPRD DKI Jakarta sudah menyiapkan anggaran untuk pembinaan ondel-ondel namun besarannya belum bisa disampaikan.

“Yang kita harapkan itu mereka di diwadahi kemudian dibina dan kemudian mengembangakan potensi-potensi yang mereka miliki sehingga mereka itu keterampilannnya berkembang,” jelasnya.

Politikus PKS itu pun senada dengan wacana Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI untuk melakukan penertiban terhadap ondel-ondel, selanjutnya supaya diberi pembinaan dari sanggar-sanggar yang nantinya bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Penertiban itu memang penting karena berhubungan dengan ketertiban umum tapi bagian dari penertiban itu adalah membina mereka dan memerikan solisis kepada mereka,” pungkas Suhaimi.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana akan melakukan penertiban atau penataan terhadap ondel-ondel yang kerap ngamen di pinggir-pinggir jalanan. Wacana ini sebagai bentuk pelestarian budaya yang dianggap disalahgunakan beberapa belakangan terakhir.

“Kita rencananya memang juga ingin membenahi itu, sesungguhnya ondel-ondel itu emang ngamen cuma belakangan ini memang ada yang salah satu dari kostumnya tidak betul, dua tidak pake musik,” kata Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Asiantoro di Balaikota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (13/12).

Sumber : https://breakingnews.co.id