Dimasa Ekonomi Sulit, Anggota FPKS Minta Pemprov DKI Jakarta Fasilitasi Warga Pelatihan Urban Farming

0
13

Jakarta – Anggota DPRD DKI Fraksi PKS M. Taufik Zoelkifli meminta Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta Darjamuni untuk fasilitasi pelatihan dan mendorong masyarakat Jakarta agar gencarkan Program Urban Farming.

Pria yang akrab disapa MTZ tersebut menegaskan Program Urban farming di Jakarta saat ini trennya sedang meningkat namun baru sekedar hobi.

“Agar bernilai ekonomi saya meminta dinas KPKP untu memfasilitasi dan memberikan pelatihan Urban Farming secara masif kepada masyarakat agar warga dapat mengatasi kesulitan ekonomi mereka secara mandiri,” ucapnua dalam Rapat Evaluasi PSBB bersama Dinas KPKP di Ruang Rapat Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (16/6/2020).

Lebih jauh MTZ mengungkapkan, Jakarta sangat cocok menerapkan Urban Farming karena memiliki lahan yang sangat terbatas.

“Jika seluruh masyarakat bergerak dan menjadikan pekarangan mereka sebagai media tanam, bisa saja berdampak terhadap pengendalian inflasi di Jakarta, minimal dapat membantu kesulitan ekonomi mereka sendiri,” tambah pria yang juga Ketua DPD PKS Jakarta Timur.

Ia menegaskan jika satu kepala keluarga menanam tomat, kangkung dan beternak ikan sendiri tentunya mereka tidak perlu lagi membeli, otomatis permintaan akan menurun dan akan berdampak terhadap harga pastinya.

“Namun mereka perlu dibimbing agar dapat berjalan baik dan menghasilkan,” tandasnya mengakhiri.