Di Malam Tahlilan, Anies Kenang Komunikasi Terakhir Bersama Almarhum Dany Anwar

0
43

Jakarta – Dewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (DPW PKS) menyelenggarakan Tahlil, Dzikir, dan Doa 40 Hari Mengenang Wafatnya Guru Tercinta KH Hilmi Aminuddin sekaligus mendoakan Dr. KH Ahzami Sami’un Jazuli, MA; H. Mutammimul ‘Ula, SH; dan H. Dani Anwar, Minggu (9/8/2020) malam.

 

Acara yang disiarkan secara live streaming di akun youtube PKSTV Jakarta tersebut, diikuti pula dengan tausiyah dan testimoni beberapa tokoh, di antaranya Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid; Ketua MUI DKI Jakarta, KH Munahar Mochtar; Anggota DPR RI Habib Aboe Bakar Alhabsyi dan Aus Hidayat Nur; serta Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Abdurrahman Suhaimi. Tak lupa pula Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan.

 

Dalam testimoninya, Gubernur Anies mengenang komunikasi terakhirnya dengan Dany Anwar pada 30 Juni 2020 sebelum menghembuskan nafas terakhirnya pada 3 Agustus 2020 silam. Saat itu, kenang Anies, almarhum Dany Anwar mengirimkan melalui aplikasi whatsapp, foto dirinya di samping karangan bunga kiriman dari Anies atas wafatnya Ustaz KH Hilmi Aminuddin.

 

“Karangan bunga yang saya kirim, lalu almarhum berdiri di samping karangan bunga itu berfoto, lalu foto tersebut dikirim ke saya sambil mengutarakan “Jazakallohu khoyron ya Ustadz Anies Baswedan”. Saya jawab “waiyyakum, semua kita terkejut”. Lalu, beberapa hari minggu kemudian, hari ini, kita berkumpul mendoakan bukan saja mendoakan Ustadz Hilmi Aminuddin yang beliau berfoto di tempat ini, tapi kita juga kirim doa untuk saudara kita akhina allahu yarham Dany Anwar. Umur tidak ada yang tahu,” ujar Gubernur Anies seraya tampak titik air mata di lensa kacamata yang ia kenakan.

 

 

Saat mendengar kabar wafat tersebut, Anies mengaku langsung menelpon Abdurrahman Suhaimi karena saking tidak percayanya kehilangan sosok yang sangat rendah hati dan sangat membantu kinerja antara legislatif dan eksekutif, bahkan saat Pilkada DKI 2017.

 

“Saya mengalami betul pada masa kampanye. Pada masa kampanye itu, almarhum yang punya Tanah Abang kemana-mana saja saya dianterin. Dan tidak pernah menempatkan diri sebagai orang yang paling pegang Tanah Abang. Tidak pernah menunjukkan diri sebagai bekas calon wakil gubernur,” jelas Anies.

 

Anies berdoa agar almarhum Dany Anwar mendapatkan kemuliaan derajat di sisi Allah SWT, dilapangkan kuburnya, dan para muridnya akan senantiasa mengirim doa tanpa henti untuk mantan Anggota DPRD DKI tersebut.

 

“Sekaligus bagi saya kalau melihat foto ini mengharukan, karena betapa beliau berfoto di samping tulisan yang malam ini kita doakan dua-duanya. Ini gambar terakhir, yang saya terakhir terima dan inilah komunikasi terakhir,” kenang Anies.