Anies Baswedan Kecam Tindakan Donald Trump

Jakarta (8/12) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengecam tindakan Presiden AS Donald Trump yang memindahkan ibukota Israel ke Yerussalem di wilayah Palestina.

Hal itu disampaikan di akun instagramnya dalam sebuah unggahan foto sambil mengenakan syal Indonesia-Palestina, Jumat (8/12).

“Langkah Presiden Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel telah merusak tatanan dan melanggar semua kesepakatan yang pernah ada,” jelasnya.

Diketahui, dunia mengecam keras langkah Donald Trump yang memindahkan kedutaan AS dari Tel Aviv ke Yerussalem tersebut. Menurutnya, Israel tidak layak menempati Yerusalem lantaran merupakan tempat suci umat Islam.

Kecaman tersebut juga diikuti oleh sikap resmi dari Pemerintah Indonesia, baik dari Presiden Jokowi, Menlu Retno Marsudi, maupun dari beberapa tokoh politik, seperti Presiden PKS Sohibul Iman, Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, dan sebagainya.

“Kemerdekaan adalah hak segala bangsa. Perjuangan untuk merdeka sesungguhnya memang jalan yang panjang dan mendaki. Setiap kejadian seperti ini adalah pompa bagi perjuangan” tambah Mendikbud 2014-2016 itu.

Atas peristiwa ini, Kedubes AS di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, siang ini, diprotes oleh ratusan ormas Islam. Beberapa di antara mereka berasal dari elemen Nahladul Ulama, Aman Palestin, Al Aqso Working Group dan Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) Indonesia.(yul/bud)