Abdurrahman Suhaimi : Soliditas, Sinergitas, Sabar dan Ikhlas, Kunci Pelayanan Tim Petugas dan Pembimbing Haji DKI Jakarta

Makkah – Soliditas, sinergitas, kapasitas sabar dan ikhlas kunci kenikmatan memberikan pelayanan kepada jamaah haji, apalagi banyak jamaah haji yang sudah senja dan lanjut usia, dan sudah seharusnya Pemprov DKI Jakarta dapat menyiapkan pelayanan jamaah haji lebih maksimal lagi tentunya sesuai dengan regulasi yang ada.

 

Hal ini disampaikan Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi, Jum’at (24/8/2018) bertepatan dengan 13 Dzulhijjah 1439 H di Makkah, Arab Saudi, yang menjadi bagian jamaah haji Indonesia dari DKI Jakarta tahun ini dan termasuk bagian Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) dan Tim Pembimbing Ibadah Haji Daerah (TPIHD), sehingga dapat melihat dan merasakan langsung apa yang dialami jamaah haji ketika melaksanakan ibadah, khususnya pelaksanaan di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuna).

 

“Alhamdulillah, seluruh jamaah haji telah menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah haji, baik yang nafar awal maupun nafar tsani dilanjutkan dengan thawaf ifadhah dengan baik, ini berkat sinergi yang baik dari TPHD, TPIHD bersama Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) dan Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI),” kata Suhaimi yang juga Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta.

 

 

Masih menurut Suhaimi, tim pusat dan daerah solid dan dapat kerjasama dengan baik sesuai dengan tupoksi masing-masing. Dirinya memberikan contoh, kloter 23 JKT, Arief Maulana Sebagai Ketua, Dadi Suryadi sebagai TPIHI dan Dr Rahmi Pudiastuti Tutik dan Ali sebagai TKHI dapat bersinergi dan solid bersama TPHD-TPIHD yang terdiri dari, dirinya, Tafdil, dan Jack dalam memberikan pelayanan kepada jamaah haji secara umum, khususnya dari DKI.

 

“Saran kami sebagai yang ditugaskan, Pemprov DKI Jakarta dapat menyiapkan pelayanan jamaah haji lebih maksimal lagi, misalnya penambahan tim kesehatan, peralatan kesehatan seperti, tabung oksigen dan kantong pipis, terutama untuk jamaah yang sudah sepuh,” tutur Suhaimi berharap.

Menurutnya, tim kesehatan kerja luar biasa, 24 jam siap melayani dan diketok pintunya oleh jamaah, apalagi di Armuna dengan tingkat kepadatan dan kesibukan yang tinggi. Dirinya juga berharap Pemprov DKI juga dapat menambah mobil angkutan jamaah di Armuna, sehingga dapat mengurangi kelelahan jamaah menunggu antrian apalagi jamaah yang sudah lanjut usia. “Beberapa jamaah ada yang pingsan, dan saya menyaksikan sendiri,” jelas Suhaimi.

 

 

Dirinya pun melihat keberadaan KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji) sangat positif meskipun perlu ditingkatkan koordinasi dan bekal operasional di lapangan.

 

“Akhirnya, saya berdoa semoga seluruh jamaah haji diterima amal ibadahnya diampuni dosanya dan mendapatkan predikat haji mabrur dengan balasan syurga dari Allah SWT,” demikian Suhaimi.